Sunday 1 May 2011

Menikmati Hawa Sejuk Kaliurang ±878 m dpl

Sedikit mengingat jaman-jaman SMA,, kelas 2 lebih tepatnya (jaman dulu blum kenal blog sih jadi gak ada catatan perjalanan seperti sekarang,hehe),,

jaman-jaman itu aku hobinya hang out kemana aja terserah yang penting bareng temen-temen..
dan kami dulu satu gank punya hobi nongkrong yang gak biasa..
kalau biasanya saat itu anak-anak muda SMA seusia kami lagi doyan-doyan nya nongkrong di Mall atau di tempat-tempat plesiran lain,,kami justru memilih tempat-tempat yang bisa lebih dekat dengan alam..

27 Januari 2007

tepat 2 hari setelah hari ulang tahunku,,aku berencana mengajak kawan-kawan sohibku alias bahasa kerennya genk-gonk ku untuk aku traktur makan-makan di pemancingan Janti di daerah perbatasan Klaten dengan Kartasura (kalau masih gak tau juga coba tanya mbah google,hehe)

kalau masalah makan-makan gak usah aku ceritain karena kalian pasti pada laper bacanya,hehe..
singkat cerita aja kami berangkat ke Janti sekitar pukul 08.00 pagi dan selesai acara makan-makan pukul 10.30,,tanpa ada rencana matang kami tiba-tiba merasa masih punya banyak waktu untuk jalan-jalan..
dengan cepat aku tentukan lokasi yang ajib untuk jalan-jalan,,dan pilihanya jatuh pada "Kaliurang"

barisan cemara di kawasan kaliurang
Jogja,memang menyimpan banyak tempat menarik untuk dikunjungi,dan kaliurang salah satunya..
dengan waktu tempuh kurang lebih 1jam perjalan dari Solo,kami telah sampai di Jogjakarta,,dari kota Jogja kami mengarah ke utara melalui ringroad menuju jalan raya Kaliurang ..

dengan modal apa adanya,denga 3 buah kendaraan motor,,kami ber-5 menuju tempat yang biasa dijadikan tempat peristirahatan orang-orang yang telah lelah setelah sepekan bekerja,juga tempat yang menjadi Gardu Pandang Merapi..

sedikit aku jelasin sedikit tentang Kaliurang,,Obyek wisata kaliurang ini adalah salah satu tempat wisata di kawasan teritori Jogjakarta yang berada bisa lebih dan bisa kurang 25 km di sebelah utara kota Jogjakarta, tepatnya berada di lereng gunung Merapi. Obyek wisata kaliurang sering kali ditutup apabila Merapi sedang TBC (alias batuk-batuk sambil muntahin lahar,hehe).

Kaliurang adalah sebuah resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Maka tidak heran kalau di sini terdapat banyak vila-vila penginapan, kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Tlaga Putri. Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Wisma Kaliurang. kata orang-orang yang ngerti sejarah di sana pernah terjadi Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang ini melahirkan Notulen Kaliurang.

oke dilanjutkan lagi perjalanannya,,setelah sampai digerbang,,kami lansung meminta izin untuk maasuk,,pada saat itu sih kamu tidak bayar apa-apa,sehiingga langsung saja menuju parkiran untu dilanjutkan berjalan kaki menuju gardu pandang kaliurang

okew saatnya jalan,,kami berlima malakukan tracking menyusuri Watu Kemloso dan menyusuri Kalikuning atau Kaliadem. Di hutan ini akan dijumpai banyak monyet-monyet yang bergelantungan. serta ada pula sebuah air terjun kecil yang di bawahnya ada cukup area untuk  tiduran beralas koran,,termasuk buat pacaran.. hehe (tapi jangan lupa untuk tetap mengawasi barang bawaan dari tangan-tangan pencuri dan tangan-tangan monyet).

dari air terjun kami terus mengikuti trek jalan setapak yang terus menanjak kearah gardu pandang..

kek gini trek meenuju gardu pandang merapi
bagi yang udah biasa naik gunung trek kaliurang bukanlah masalah berarti,,tetapi yang belum pernah,,justru jadi ajang pemanasan untuk naik gunung,hehe..
dari landai hingga menanjak kami lalui,,berbekal roti semir dan 2 botol air mineral 600ml,,kami terus berjuang menuju gardu pandang,,dan akhirnya setelah sekitar 30menit berjalan menanjak kami tiba di gardu pandang Merapi..

alhamdulillah lelah kami terbayar setelah dapat melihat puncak merapi yang selalu mengepulkan asap dari gardu pandang kaliurang ini, dan setelah sedikit foto-foto,,kami memutuskan untuk segera turun dan makan siang karena aku telah membayangkan nikmatnya menyantap sate kelinci di warung-warung sekitar pintu masuk..

dan akhirnya perjalanan kami ditutup dengan menyantap sate kelinci bersama-sana ditengah hawa sejuk Kaliurang..
semoga pengalaman jalan-jalanku ke gardu pandang merapi pos kaliurang ini bisa jadi refrensi tempat wisata yang akan anda kunjungi jika singgah di kota Jogjakarta dan menghendaki wisata yang gak biasa,,atau sekedar ingin mlepas penat dengan menghirup udara sejuk khas pegunungan..

Haripun semakin sore,,kabut pun perlahan naik,,dan sekitar pukul 16.00 kami bersiap untuk kembali ke Solo karena takut kemalaman di jalan..
dan tepat pukul 18.00 kami telah tiba kembali di kota Solo tercinta,,sungguh pengalaman jalan-jalan yang tak terlupakan,,karena itu hari jadinya genk kami,,genk kobra,,eh salah maksudnya "dCool5" apa kabar kalian kawan-kawanku..??
setelah lelah berjalan menuju gardu pandang
this trip thanks for: Kang Andhi F Ramadhani, Kang Dian Seta, mbak Nurjanah, mbak Sabrina..